Sabtu, 24 April 2010

Kode Etik Guru


Kata etik berasal dari bahasa Yunani "ethos" berarti watak, adat, atau cara hidup. Karena, etika biasanya dipakai mengkaji sistem nilai atau kode, maka terjelmalah kata "kode etik", dan karena kode etik dibuat oleh se kelompok orang, maka kode etik sering diartikan "cara hidup berdasarkan pada persetujuan yang diputuskan oleh suatu kelompok".
Pekerjaan yang dikatakan profesional perlu adanya kode etik yang mengatur perilaku, tanggung jawab dan hubungan antar anggotanya dengan pihak lain yang terkait, sehingga para anggotanya memiliki acuan dalam melaksanakan tugas profesionalnya, tidak melanggar batas wewenang dalam melaksanakan tugasnya dan tidak berperilaku yang seharusnya dilakukan profesi lain.
Guru juga sebuah profesi, maka juga memiliki kode etik guru yang disusun oleh para anggotanya, dalam hal ini adalah sebuah Tim khusus dalam organisasi profesi guru. Isi kode etik guru setidaknya bisa memberikan sebuah wacana mengenai tanggung jawab guru terkait dengan pengembangan kemampuan diri sendiri, pengembangan dan nama baik profesi guru, layanan yang diberikan kepada siswa dan hasil kerjanya. Sementara, yang berkaitan dengan pihak lain kode etik guru memberikan patokan-patokan bagaimana menjalin hubungan dengan siswa, teman sejawat dan mitranya, dengan pihak-pihak di luar profesi guru, dan dengan penguasa atau pemerintah.
Muncul pertanyaan berikut :
  1. Apa kegunaan kode etik guru, baik bagi guru yang bersangkutan, bagi murid, bagi profesinya, bagi orang tua, bagi masyarakat maupun bagi pemerintah.
  2. Apa urgensi kode etik guru bagi para anggotanya menurut UU No. 14 tentang Guru dan Dosen?
  3. Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi pelaksanaan kode etik guru Indonesia?
Nah, tentu saudara penasaran untuk memperoleh jawabannya sehingga termotivasi untuk mencari buku-buku atau bahan bacaan yang terkait atau mungkin sudah menemukan jawabnnya. Yah, kalau sudah tahu jawabannya laporkan sebagai TO ke-2, tetapi untuk jawaban nomor 1 harus dipilah-pilah lho (misalnya bagi guru apa, bagi murid apa dst)
Masih ada hal yang perlu saudara ketahui, bagaimanakah rumusan kode etik guru ?
Pelajarilah, kemudian jawablah pertanyaan berikut ini :
  1. Kemukakan apa yang semestinya dilakukan oleh seorang guru!
  2. Kemukakan contoh perbuatan pelanggaran terhadap kode etik guru!
  3. Terkait dengan jawaban nomor 1, berikan saran / solusinya !
Jawaban tidak boleh melebihi satu minggu (TO 1 sampai hari ini baru masuk 11 TO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar